Rabu, 07 November 2012

TIPS MAKANAN UNTUK SIRKUT TRAINING.BY DUDI

  Bandung– Kalau 4 sehat 5 sempurna seperti yang kita ketahui sejak kita masih kecil, itu biasa-biasa saja. Tapi, ternyata eh ternyata, ada menu khusus 4 sehat 5 sempurna untuk atlet bela diri guna menjaga kondisi tubuhnya.
Ditemui di sasana latihannya, dudi nurhadi tak segan untuk berbagi tips menjaga kesehatan tubuh dengan makanan dan tindakan yang tepat.
4 Sehat 5 Sempurna tersebut diantaranya adalah :
1.       Karbohidrat Sehat
Menu karbohidrat tidaklah sama dengan makanan yang biasanya kita maka seperti nasi. Namun karbohidrat di sini lebih ke arah yang low sugar seperti gandum, oatmeal, nasi merah, dan makanan karbohidrat sehat lainnya.

2.      Protein Tinggi
Atlet bela diri pastinya selalu bergerak aktif melalui pukulan atau gerakan lain. Makanan protein tinggi mampu menunjang aktivitas atlit dari latihan hingga pertandingan. Selain itu, protein dibutuhkan untuk memperbaiki sel rusak dan mempercepat penyembuhan. Makanan ini terdapat pada ikan kali, ayam bagian dada (menghindari lemak), tempe rebus, dan lainnya.

3.      Hindari Makanan Buruk
Makanan buruk yang dimaksud Johan adalah makanan sejenis jajanan pinggir jalan dan gorengan. Makanan sejenis tempe dan tahu yang kaya akan protein pun dilarang untuk digoreng, namun lebih mengutamakan makanan rebusan.

4.      Hindari Rokok dan Miras
Timlovers pasti setuju dengan larangan ini. Bukan saja bagi atlet bela diri, namun bagi atlet lain. Karena menu-menu tersebut dapat menguras stamina dan memperpendek nafas kita.

5.      Susu Kaya Protein
Tak dapat dielakkan lagi, susu kaya protein dan mengandung fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam aminodanasam pantotenat memang wajib dikonsumsi. Selain menambah tenaga, susu juga dibutuhkan guna pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Tidak ada komentar: