Rabu, 21 November 2012

K A T A SHOTOKAN by dudinurhadi


KANKU-DAI

Kanku-dai merupakan kata shitei ke dua aliran karate Shotokan.

Pengertian
Kanku adalah salah satu teknik meditasi di Jepang yang dilakukan sambil memandang langit. Sedangkan Dai berarti besar, luas, maha. Dengan demikian, Kanku-dai berarti meditasi dengan memandang langit luas.

Sejarah Kanku-dai
Diluar aliran Shotokan, kanku-dai dikenal sebagai Kushanku. Ini karena kata ini diciptakan oleh Kushanku --juga dikenal dengan nama Koshokun; seorang diplomat China yang berasal dari Fukien yang pada saat itu menjelajah Okinawa untuk mengajarkan ilmu beladiri yang dia kembangkan.

Kanku-dai banyak menggunakan teknik tangan terbuka. Teknik-teknik yang ada dalam Kanku-dai erat berhubungan dengan teknik kungfu aliran Bangau Putih.

Bila dianalogikan, memainkan kata ini diibaratkan sebagai seekor elang.

Dalam Shotokan, Kanku-dai mempunyai 65 langkah dan dilakukan dengan waktu 90 detik.
Salah satu kata paling panjang yang dimiliki shotokan ini bila dibanding dengan Jion, cara memainkannya lebih bertumpu pada kecepatan dan ketepatan.
Aplikasi Kanku-dai, bisa mengatasi 8 orang dalam sebuah pengeroyokan.
http://www.youtube.com/watch?v=Jkv8Ks_fEqk
JION

Pengertian
Jion dapat diartikan sebagai "kuil" atau "kuil kasih sayang". Jion merupakan Kata yang representatif dalam aliran Shotokan. Di dalam kata ini diutamakan kekokohan kuda-kuda dan power. Kuda-kuda yang terdapat dalam Kata ini adalah Zenkutsu-dachi dan Kibadachi.

Pemberian nama Jion sendiri tidak dapat dilacak akarnya secara pasti. beberapa menyebutkan bahwa nama Jion diambil dari nama kuil "Jion-ji" yang berarti "Kuil Jion". Namun di Jepang sendiri kuil Jion sangatlah banyak sehingga tidak dapat ditelusuri secara pasti kuil Jion yang mana yang dimaksud.
beberapa lainnya menyebutkan bahwa nama Jion diadopsi dari Gion, nama seorang pendeta Budha yang berasal dari China.

Sejarah Jion
Ada yang mengatakan bahwa Jion berakar dari ilmu beladiri China kuno. Dari sumbernya kemudian Jion diajarkan hingga sampai ke Tomari.

Tentang Jion
Jion merupakan sebuah kata dengan tingkat kesulitan mudah. Bila seorang karateka telah menguasai Heian dan Tekki, maka akan mudah untuk mempelajari Jion.

Jion serumpun dengan Jitte, Ji'in dan Empi. Pengelompokan ini didasarkan pada salam pembuka khas ilmu beladiri China yang diadopsinya.

Ji'in
Ji'in dapat diartikan sebagai "tanah kuil". kata ini mengedepankan keseimbangan, kekuatan, dan langkah kaki dalam kuda-kuda yang sering dilakukan secara berulang. Ji'in pada saat ini tidak lagi diajarkan karena telah dihapus dari materi silabus Japan Karate Association.

Jitte
Jitte dapat berarti "sepuluh tangan". Menguasai Kata ini berisi 24 langkah untuk mengalahkan 10 orang bersenjatakan bo (tongkat) pada sebuah pengeroyokan.
http://www.youtube.com/watch?v=Lrr-c5RCKpo 

Tidak ada komentar: