Sabtu, 08 Desember 2012

KATA GOJU RY


The Kata of Goju-Ryu

Sanchin - ' tiga konflik / pertarungan ' salah satu dari dua ' heishu ' kata dari goju-ryu, sanchin mungkin adalah yang paling disalahpahami kata dalam semua dari karate. Dalam kontras, ini mungkin adalah yang paling berharga tunggal latihan yang dalam goju-ryu. Sama seperti yang lainnya kata dari goju-ryu, sanchin dapat ditemukan dalam beberapa seni cina ( san jan ), terutama gaya selatan termasuk empat gaya dari crane tinju, tinju, naga tiger tinju, tinju, singa anjing atau tanah tinju dan bhikkhu fist. Sanchin memiliki aspek-aspek tersebut seperti mendalam, pernapasan diafragma ditemukan di banyak seni internal seperti yah seperti atribut eksternal seperti alignment mekanis dan kekuatan otot. Karena banyak artis yang telah bela diri sedikit atau tanpa pemahaman tentang sejarah yang benar dan sifat dari orang cina arts dari mana okinawan goju-ryu telah akarnya, sanchin telah menjadi sedikit lebih dari sebuah bentuk isometrik dilakukan dengan berbahaya ketegangan dan tidak tepat teknik pernapasan.
Yang asli sanchin yang higaonna guru belajar dari ruruko ( 1852-1930 ) yang dilakukan dengan tangan terbuka dan dengan kurang penekanan pada kontraksi otot dan ' energik ' bernapas. Dengan perubahan yang dibawa oleh kaisar meiji ( restorasi meiji periode 1888-1912 ), higaonna guru mengubah membuka tangan untuk menutup tinju sebagai bela diri makna yang tidak lagi menekankan. Kemudian miyagi guru akan kembali mengubah kata dalam pola sendiri.


 
Sanchin diterjemahkan sebagai ' 3 pertempuran ' atau ' 3 konflik '. Hal ini telah banyak makna. Pertama itu mengacu pada perjuangan untuk mengontrol tubuh di bawah kelelahan fisik. Dengan kelelahan pikiran mulai kehilangan fokus dan dengan demikian roh mulai mengurangi juga. Karena itu sanchin berkembang disiplin, tekad, fokus, ketekunan dan atribut. mental lainnya Cina merujuk kepada ini sebagai shen ( roh ), shin ( pikiran ) dan li ( tubuh ). Yang lain mungkin interpretasi mengacu pada ' tiga pembakar ' tubuh seperti decribed dalam pengobatan tradisional cina ( tcm ).

Gekisai ichi / gekisai youni - ' serangan & amp; menghancurkan ' gekisai kata sedang dirumuskan oleh chojun miyagi guru 1940 sebagai bentuk latihan fisik untuk anak-anak sekolah yang tinggi dan untuk membantu mempopulerkan goju-ryu di antara masyarakat dari okinawa. Pada tahun 1948, setelah wwii, miyagi guru mulai mengajar orang gekisai kata secara mendalam sebagai bagian rutin dari goju-ryu sendiri dojo. Sampai saat ini sanchin adalah yang pertama kata yang diajarkan dalam goju-ryu. Sanchin adalah secara fisik dan mental menuntut kata dan membutuhkan banyak waktu dan kesabaran untuk belajar dan melakukan benar. Yang gekiaai kata namun lebih mudah untuk belajar dan melakukan, dan mengandung teknik dinamis yang lebih menarik bagi orang-orang muda. Kata ini mengandung kanji yang sama untuk ' sai ' ditemukan di saifa. Ini akan memberi kesan bahwa meskipun kata ini telah dirancang terutama sebagai bentuk latihan, miyagi guru termasuk pengetahuannya dari pertempuran sebagai bagian dari makeup mereka.


Saifa - ' smash dan merobek terpisah ' saifa adalah yang pertama dari para agresif klasik kata yang diajarkan dalam goju-ryu. Goju-ryu ' s kata asal-usul datang dari seni bela diri yang diajarkan dalam area fuzhou dari china selatan, sebagian besar crane dan / xingyi baqua serta internal dan eksternal lainnya seni bela diri. Kanryo guru higaonna diajarkan hal ini kata, bersama dengan yang lain kata dari goju-ryu, sementara ia mempelajari di cina dari 1863-1881 di bawah arah ruruko ( xie zhongxiang dalam bahasa china ) dan lain-lain. Kata ini dan strategi bela diri akan menjadi dasar dari higaonna masa quanfa guru, yang kemudian guru miyagi akan memanggil goju-ryu. Dari pemahaman tentang the bergulat dan mencolok teknik hal ini kata, saifa dapat ditafsirkan untuk berarti mendaki, dan mengambil dan merobek dari jaringan di close-quartered tempur.
Seiyunchin - ' kontrol / menekan dan menarik ' nama seiyunchin menyiratkan menggunakan teknik untuk tidak seimbang, melemparkan dan bergulat. Ini pemahaman yang menanamkan niat asli dari kata dari naha-te sebelum olahraga karate. alignment modern Seiyunchin berisi close-quartered mencolok, menyapu, take-downs dan melemparkan. Meskipun kata sendiri merupakan void kicks, banyak praktisi membuat kuburan salah dengan hilang kesempatan untuk menerapkan teknik. setiap kaki Meskipun hampir tidak terlihat oleh mata tak terlatih, yang subtleness dari ' ashi barai ' dan ' suri ashi ' bisa mewakili kaki menyapu, parries dan perangkap.
Shisochin - ' empat / arah gerbang / konflik yang menyerang ' shisochin diterjemahkan sebagai ' empat gates ' atau ' empat arah dari konflik '. Untuk meninggalkan itu pada saat itu diskon sebuah truer pemahaman. Ketiga kanji adalah sama ditemukan dalam sanchin dan seiyunchin, yang diterjemahkan sebagai ' pertempuran ' atau ' konflik '. Meminjamkan ini untuk sebuah definisi yang lebih dalam dari maknanya. Ide dari empat arah bisa datang dari kinerja empat shotei dalam empat arah. Itu juga dapat mewakili empat unsur diwakili dalam bahasa china kedokteran ( akupunktur merupakan salah satu ) dari kayu, api, logam dan air dengan man yang mewakili bumi. Sejak ini adalah ilmu dan budaya dari periode tersebut di cina ketika higaonna dan miyagi kedua belajar di, fuzhou ini akan menjadi waktu pengawasan besar untuk diskon aspek ini sebagai sebuah sangat mungkin penjelasan dari kata tersebut ' s nama dan pencak maksud.
Sanseru - ' 36 tangan ' sanseru adalah unik seperti miyagi mempelajari ini guru kata di bawah sebuah mahasiswa langsung dari ruruko selama studinya fuzhou dalam, cina dimulai pada 1916. Sanseru, dari numerik nya peruntukan, akan tampak untuk memiliki akar di buddhisme. Ini bukan untuk menyimpulkan bahwa ada sebuah koneksi keagamaan atau implikasi dengan ini kata atau karate, tapi hanya bahwa buddha adalah bagian dari budaya orang-orang waktu itu. Hal itu juga harus menjadi mencatat bahwa angka telah peran yang sangat penting dalam bahasa dari lebih cina kuno sebelum penemuan kanji.
Penjelasan yang lebih realistis ini dan yang lain numerik bernama kata adalah bahwa mereka merujuk kepada sebuah sistematik dan pemahaman tentang grup tertentu penting acupressure poin. Ini merupakan ilmu pengetahuan yang seni bela diri itu didasarkan atas dan dikembangkan.
Feng yiquan, yang hidup pada masa ming dinasti ( 1522-67 ) mengembangkan ini metode tertentu menggunakan variasi ' 36 ' dilarang poin untuk mengalahkan lawan-lawannya. Murid yang lain dari feng dibuat lain quans memperluas nomor 72 dan akhirnya 108. Sanseru ini ditemukan di china menyusul gaya tinju: cran, macan, dan anjing

Sepai - ' 18 tangan ' referensi untuk ' 18 ' dalam penamaan kata ini memiliki beberapa interpretasi. Seperti sanseru, ada menyarankan koneksi ke filsafat. buddha Yang lain insinuates ' 18 penjaga untuk raja '. Yang paling jelas dan paling bermakna dalam penamaan sepai lagi dari seni bela diri pembangunan dan penggunaan menyerang tekanan poin. 18 adalah salah satu setengah dari 36 menyarankan bahwa mungkin alternatif set serangan dan pertahanan dari pilihan teknik dan strategi dari aslinya sanseru 36. Sepai ditemukan di bhikkhu tinju.

Kururunfa - ' memegang tanah merangkum ' kururunfa cita-cita go- ' keras dan ju- lembut ' '. Transisi-transisi adalah sikap cepat dan bahan peledak sementara tangan apakah yang dipekerjakan menggunakan teknik ' muchimi ' atau berat, gerakan. lengket Seperti dalam yang lain kata dari goju-ryu, hal ini cukup jelas bahwa bergulat dan close-quartered berkelahi adalah yang disukai berkelahi gaya. Sama kanji fa ' ' ini ditemukan dalam saifa. Lagi, akan menyarankan ini yang kuat bergulat penekanan pada. Di mana kebanyakan gaya lain ' kata berkonsentrasi pada ' / blok punch ', jelaslah dari teknik yang unik bahwa ini bukan kasus ini dengan goju-ryu.
Sesan - ' 13 tangan ' sesan, sanseru dan sepai semua berbagi kanji ' se '. Ini mungkin menjadi orang cina dialek okinawan istilah ' te ' atau ' pertempuran tangan ', mengacu pada teknik life-protection. Untuk lebih dapat memahami kata ini memerlukan lebih jelas memahami bahasa dan budaya masyarakat yang ada berasal dari kata. Sesan diyakini yang tertua semua okinawan goju-ryu kata. Ada versi sesan dipraktekkan di shorin sekolah, tapi dibandingkan, versi goju-ryu yang lebih panjang dan lebih kompleks. Sesan dipraktekkan di mengikuti gaya tinju cina: naga, singa dan bhikkhu tinju
Suparinpei - ' 108 tangan ' suparinpei adalah yang paling maju kata di goju-ryu. Ini berisi jumlah terbesar dari teknik dan variasi. Suparinpei adalah menipu dalam yang muncul sederhana dalam pelaksanaan tetapi ketika dikombinasikan dengan dan mengubah tempos, transisi hanya dikalahkan oleh sanchin dalam kesulitan teknisnya dan pemahaman. Sekali lagi, jumlah ' 108 ' disarankan untuk memiliki asal-usul dalam ajaran buddha dan dapat mewakili ' 108 dosa manusia '. Pada tahun baru imlek, kuil lonceng yang dibunyikan 108 kali untuk ' mengusir kejahatan manusia '. Hal ini diyakini ini bernama asosiasi dengan buddha didasarkan pada kurangnya pengetahuan faktual yang benar alam ini quan.
Kedua, dengan cutural perubahan yang terjadi di cina selama dan setelah tinju pemberontakan ( 1900 ) dan jatuh dari dinasti qing ( 1644-1911 ), penekanan itu diletakkan di kecil yang sedemikian kompleks belajar seni. Sebagian besar pertempuran yang belajar seni setelah kali ini, berbuat demikian sebagai sarana latihan, rekreasi atau pertunjukan artistik. Dalam additon, wide-spread yang menggunakan senjata api mengurangi kebutuhan dan efektivitas untuk tangan-tangan-untuk memerangi sebagai sarana untuk pertahanan sipil. Suparinpei ditemukan di sungai mengikuti gaya tinju cina: naga, fis harimau dan bhikkhu
Tensho - ' mengubah palms ' kedua ' heishu ' kata di goju-ryu, tensho berasal dari cina membentuk ' rokkishu '. Tidak seperti sanchin, yang hampir identik dengan cina yang mitra, tensho adalah uniknya okinawan. Dari akal budi-nya dari kata dari goju-ryu dan ' alam manusia ', miyagi guru dikembangkan tensho untuk lebih lengkap, goju-ryu di mana sanchin tinggalkan. Tensho memiliki banyak dari prinsip yang sama dari sanchin tapi pergi lebih jauh lebih rumit untuk memasukkan konsep-konsep teknik goju-ryu. Konsep ini tegas datang hidup di kakie, yang dalam maju pelatihan, bernapas hidup ke dalam bunkai dari kata dari goju-ryu. Yang paling terkenal perbedaan antara sanchin dan bahwa tensho itu pernapasan adalah secara eksplisit berbeda dari yang sanchin. Pernapasan dari tensho tidak ' keras ' dan eksternal seperti sanchin. Napas adalah diinternalisasi khas yang berbeda dan tidak akan muncul untuk menjadi sama seperti Sanchin. Istilah ' heishu ' diterjemahkan sebagai ' ditutup '. Sebagai dengan setiap aspek dari okinawan karate, ada lebih dari satu definisi. Pertama, ' heishu ' dapat merujuk untuk kontraksi otot dan ' ibuki ' gaya bernapas unik untuk sanchin dan tensho. Kedua, itu dapat menyiratkan pembatasan arah dan spesifik dari energi dalam energi yang jalur tubuh, kedua dangkal dan mendalam. Yang lain 10 kata yang dimaksud sebagai ' kaishu ' atau ' membuka ', seperti mereka bebas dari konstan kontraksi otot dan bernapas adalah normal ' '.

Tidak ada komentar: