Minggu, 23 Desember 2012

Gubernur jabar janjikan fasilitas PON Tuntas 2015

GUBERNUR : JABAR JANJIKAN FASILITAS PON TUNTAS 2015

Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan menyebutkan pembangunan infrastruktur untuk penyelenggaraan PON XIX/2016 ditargetkan tuntas pada 2015.

"Sejak sekarang Jabar sudah memulai langkah untuk menjadi tuan rumah, membangun stadion di Gedebage salah satunya. Infrastruktur lainnya juga akan dibangun dalam rangka revitalisasi sarana yang ada saat ini, ditargetkan semuanya tuntas pada 2015," kata Gubernur Heryawan di sela-sela kunjungannya ke ajang PON XVIII/2012 Pekanbaru, Kamis.

Menurut Heryawan, Jabar berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PON yang lebih siap dan lebih baik dari PON-PON sebelumnya. Salah satunya melakukan berbagai terobosan untuk persiapan PON, sekaligus menabung anggaran untuk mempercepat proses pembangunan fasilitas utama.

Heryawan menyebutkan, Stadion Gedebage nantinya akan menjadi tempat pembukaan PON XIX/2016 yang akan dikelilingi fasilitas olahraga bertaraf internasional.

"Bandung punya beberapa stadion untuk pertandingan sepak bola, juga di Karawang dan Purwakarta punya stadion yang bisa digunakan. Pokoknya banyak pilihan tempat di sana," kata Heryawan.

Pembangunan fasilitas baru, kata Heryawan sudah pasti akan dilakukan oleh Jawa Barat, pasalnya arena pertandingan yang ada saat ini perlu direvitalisasi lagi untuk bisa menampung pertandingan yang lebih besar.

"Jabar telah mempunyai fasilitas pertandingan yang lengkap, namun itu peninggalan PON 1961, tentunya tidak akan bisa menampung kapasitas pertandingan dan juga penonton saat ini. Kita akan bangunkan fasilitas baru," kata Heryawan.

Fasilitas yang ada saat ini hanya akan digunakan untuk latihan dan membina atlet-atlet muda yang akan diproyeksikan untuk mengejar target Juara Umum pada PON 2016.

Menurut Gubernur, pembangunan fasilitas olahraga untuk PON 2016 akan melibatkan semua pihak di Jawa Barat melalui sinergitas dan kemitraan.

"Pembagian tugas untuk PON 2016 dilakukan sejak sekarang, KONI Jabar konsentrasi pada pembinaan atlet untuk Jabar Kahiji sedangkan Pemprov Jabar akan konsentrasi untuk persiapan infrastrukturnya," kata Gubernur Jawa Barat itu menambahkan.

Tidak ada komentar: